PENGERTIAN KOMUNIKASI PARA AHLI


Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih dengan cara yang tepat sehingga pesan yang masuk dapat dipahami. Komunikasi tentunya sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari entah itu secara langsung maupun tidak langsung. 

Komunikasi biasanya digunakan seseorang untuk membicarakan atau menyampaikan pesan kepada orang lainnya, sehingga tercapai suatu tujuan tertentu. Berikut beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli.

1.       Everett M. Rogers. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

2.       Rogers & O. Lawrence Kincaid. Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

3.       Shannon & Weaver. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak disengaja.

4.       David K. Berlo. Ilmu pengantar komunikasi. Komunikasi sebagai instrument dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat.

5.       Hororl D. Lasswell. Komunikasi dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? dengan akibat apa dan hasil apa?

6.       Steven. Komunikasi juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitar.

7.       Raymon S. Ross. Komunikasi adalah suatu proses penyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dan pikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

8.       Mc Farlend. Komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antara manusia.

9.       Colin Cherry. Komunikasi adalah suatu proses dimana setiap pihak saling menggunakan informasi dengan tujuan untuk mencapai pengertian yang sama tentang masalah yang penting bagi semua pihak.


KESIMPULAN :

Komunikasi adalah suatu proses kegiatan menyampaikan warta, pesan, dan informasi yang mengandung arti dari satu pihak ke pihak lain dalam usaha untuk mendapatkan saling pengertian.

Cara menyalurkan ide dalam suatu organisasi
Menurut saya menyalurkan ide dalam organsasi ituh bisa menggunakan cara yang berbeda-beda salah satunya saya, saya akan menyalurkan ide di saat kita berkumpul untuk mengeluarkan aspirasi pendapat kita sendiri , dengan mengajukan pendapat kita kepada semua teman organisasi.

Hambatan-hambatan dalam beroganisasi

1. Mendengar. Biasanya kita mendengar apa yang ingin kita dengar. Banyak hal atau informasi yang ada di sekeliling kita, namun tidak semua yang kita dengar dan tanggapi. Informasi yang menarik bagi kita, itulah yang ingin kita dengar.

2. Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui.

3. Menilai sumber. Kita cenderung menilai siapa yang memberikan informasi. Jika ada anak kecil yang memberikan informasi tentang suatu hal, kita cenderung mengabaikannya.

4. Persepsi yang berbeda. Komunikasi tidak akan berjalan efektif, jika persepsi si pengirim pesan tidak sama dengan si penerima pesan. Perbedaan ini bahkan bisa menimbulkan pertengkaran, diantara pengirim dan penerima pesan.

5. Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda. Kita sering mendengar kata yang artinya tidak sesuai dengan pemahaman kita. Seseorang menyebut akan datang sebentar lagi, mempunyai arti yang berbeda bagi orang yang menanggapinya. Sebentar lagi bisa berarti satu menit, lima menit, setengah jam atau satu jam kemudian.


http://firmanadi999.blogspot.com/
http://hasbiyallahrosyid.blogspot.com/
http://pustakahendra.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN MENGIKUTI ORGANISASI